Pages

flash vortex

Macam Dribble dalam Bola Basket


1. CrossOver :
    
Crossover adalah istilah basket untuk gerakan mendribble bola-basket dimana pemain yang mendribble bola merubah dribblenya bola dari satu tangan ke tangan lainnya dan diikuti berubahnya pergerakan menuju ke arah yang kita inginkan (secara simpelnya begitu). Bila dilakukan secara tak terduga, efektif dan cepat, gerakan crossover ini bisa mematikan karena lawan yang menjaga bisa kehilangan momentum karena si dribbler bergerak tak terduga menuju arah yang diinginkan.
Gerakan crossover ini sangat menakutkan bagi defender apalagi untuk yang belum bisa menguasai teknik bertahan secara baik. Akibatnya fatal bisa saja patah tulang / cidera.
spertinya sulit untuk menggunakan tehnik ini, maka dari itu kalian bisa lihat video di bawah ini untuk lebih gampangnya :




2. 
Change Of Pace Dribble

Dribble ini adalah paling umum dalam bola basket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble, atau mencari teman se-tim untuk mengoper tetapi tetap mempertahankan dribble, dan melewati pemain bertahan dengan kecepatan penuh.



3. Low or Control Dribble

Dribble ini dilakukan setisp kali pemain dijaga ketat. Tipe dribble ini hanyalah menjaga bola tetap rendah dan terkontrol. Bola didribble di sisi tubuh, jauh dari pemain bertahan. Telapak tangan mendrible dijaga tetap diatas bola.
4. Hight or Speed Dribble
Ketika pemain berada di lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya dengan bola, maka ia akan menggunakan dribble ini. Ketika berlari dengan cepat, pemain akan mendorongbola didepannya den membiarkannya melambung ke atas sampai setinggi pinggulnya. Tangan yang mendribble tidak berada tepat di atas bola, melainkan di belakang.
5. Behind The Back Dribble
Jenis dribble ini digunakan ketika pemain mengganti arah supaya terbebas dari pemain bertahan. Bola digerakkan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh yang lain dengan mengayunkannya di belakang tubuh.
6. Between The Legs Dribble
Dribble ini adalah cara cepat untuk memindahkan bola dari tangan satu ke tangan lainnya lewat sela kaki. Dilakukan ketika pendribble dijaga dengan ketat atau ia ingin mengganti arah.
7. Reverse Dribble
Dribble yang dikenal dengan spin dribble atau roll dribble ini juga salah satu jenis dribble yang dilakukan untuk mengganti arah dan memantulkan bola dari tangan satu ke tangan yang lainnya ketika dijaga ketat. Agar efektif, dribble ini harus dilakukan dengan cepat saat pendribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan.

2 komentar: